Home / Olah Raga / Melalui Jampang Silat Competition 3, Zona Madina Dompet Dhuafa Siapkan Atlit Pencak Silat Indonesia

Melalui Jampang Silat Competition 3, Zona Madina Dompet Dhuafa Siapkan Atlit Pencak Silat Indonesia

DEPOK – Pencak silat adalah salah satu budaya yang dapat menjadi wahana pendidikan bangsa yang berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa agar bermartabat dan berakhlaq mulia serta mempertinggi rasa dan jiwa patriotisme.

Sebagai budaya Indonesia pencak silat terus berkembang dengan pesat, baik dalam konteks siilat tradisi, maupun silat prestasi dalam berbagai ajang kompetisi. Kedepan tuntutan akan prestasi silat Indonesia semakin besar, terutama dalam ajang ASIAN GAMES 2018, dimana Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di asia itu. Tuntutan yang besar akan prestasi silat ini kemudian menjadi tantangan bagi Kampung Silat Jampang – Zona Madina Dompet Dhuafa sebagai lembaga yang konsen dalam pengembangan silat untuk menelorkan atlit-atlit terbaik dalam berbagai pentas kompetisi.

Menjawab tantangan akan tuntutan prestasi silat Indonesia, Kampung Silat Jampang – Zona Madina Dompet Dhuafa, kembali menggelar Jampang Silat Competition (JSC) III. Acara yang dihelat di Gor Kartika Kostrad Cilodong-Depok ini diikuti sekitar 771 peserta SD, SMP dan SMA/Sederajat. Mereka hadir dari berbagai perwakilan perguruan pesilat daerah Jabodetabek dan Jawa. Kompetisi ini mengambil tema “Silat sebagai wadah pengembangan diri mencapai prestasi“, ajang ini memperebutkan Piala Bergilir Dompet Dhuafa, Piala Walikota Depok, Piala KONI, dan Piala Kampung Silat Jampang.

Dalam sambutan pembukaan Jampang Silat Competition 3, Herman Budianto selaku Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa menyampaikan “pentingnya menyiapkan bibit-bibit pesilat Indonesia yang siap merebut kemenangan dikancah internasional. Ketua Kampung Silat Jampang ini juga menegaskan “Sebagai budaya warisan Indonesia, maka kita harus menunjukkan prestasi yang gemilang untuk diakui dunia. Kompetisi ini adalah salah satu jalan untuk menyiapkan generasi-generasi atlit pesilat di tingkat dunia.”

Pembukaan Jampang Silat Compeition kali ini dihadiri oleh Ketua KONI Kota Depok, Ketua IPSI Kota Depok, dan Ketua Lumbuk / Komunitas Pesilat Depok. Amir Yusa seaku Ketua KONI Depok dalam sambutannya mengapresiasi JSC 3 sebagai upaya menyiapkan atlit jawa barat, serta berterimakasih atas dipilihnya kota Depok sebagai tuan rumah penyelenggaran JSC 3. Bapak Olaharga Kota Depok ini menambahkan bahwa ajang ini merupakan awalan menyeleksi bibit atlit untuk PORDA, PON, dan bahkan hingga tingkat Internasional.

Kompetisi ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, KONI, IPSI Kota Depok, FP2STI dan berbagai Lembaga Silat di Jabodetabek.

Komentar