Home / Feature / Pentingnya Rasa Percaya Diri

Pentingnya Rasa Percaya Diri

Dalam kehidupan, seseorang pernah mengalami yang namanya tidak percaya diri. Perlu diketahui percaya diri sangatlah penting untuk masing-masing orang. Mengapa percaya diri itu penting? Karena jika seseorang tidak percaya diri maka akan sulit dalam melakukan sesuatu, apalagi ketika berada di tempat umum. Percaya diri yang sering disingkat dengan PD, itu sangat berkaitan dengan apa yang kita lakukan, apabilakehilangan kepercayaan diri maka apa yang kita lakukan akan sangat berantakan.

Percaya diri adalah sebuah keyakinan pada kemampuan yang ada dengan pada diri sendiri dalam melakukan sesuatu. Percaya diri itu sebenarnya sangat baik, tetapi jika percaya diri atau PD terlalu berlebihan, maka seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang berlebihan akan dinilai sombong. Berikut akan dijelaskan tentang, mengapa percaya diri sangat penting? Berikut adalah ulasan selengkapnya :

Memberikan Kebebasan

Pentingnya memiliki rasa percaya diri yang pertama ialah memberikan “kebebasan”. Apakah Anda merasa bahwa tidak bebas untuk melakukan sesuatu? Ada rasa takut untuk melakukan sesuatu? Anda tidak berani melakukan sesuatu di depan halayak ramai? Jika jawabannya ia, berarti Anda sedang kehilangan kepercayaan diri. Jika Anda memiliki rasa percaya diri maka anda akan lebih leluasa untuk melakukan aktifitas anda dengan baik dan sewajarnya. mengapa demikian, karena hal yang berlebih tidaklah baik. Sama seperti memiliki rasa percaya diri.

Tidak Akan Merasa Ketakutan

Pentingnya memiliki rasa percaya diri yang kedua ialah anda tidak akan merasa ketakutan. Tidak perlu takut akan kegagalan, tidak perlu takut untuk bertanya, tidak perlu takut untuk bicara di depan halayak ramai, tidak perlu takut untuk bersosialisai dilingkungan, dan lain-lain. Karna hal itu hanya membuatmu jalan di tempat dantidak melakukan apapun.

Kamu akan Memiliki Hubungan yang Sejati dan Nyata

Bila teman-teman jujur dan percaya pada diri sendiri, tidak akan berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk terlihat lebih baik dimata orang lain. Kamu tidak sedang bermain dengan karakter seperti pada drama musikal atau pentas drama sekolah. Cukuplah jadi diri sendiri dan jujurlah.

Mencintai diri sendiri

Ketika anda percaya diri,makan anda akan mencintai diri anda sendiri, karena anda tidak malu dengan yang Tuhan ciptakan untuk anda. Senakin anda mencintaidiri anda, maka anda akan terlihat menarik.

Banyak menyimpan tenanga dan waktu

Jika Anda sedang melakukan sesuatu dan hal tersebut perlu pengulangan untuk melakukannya lagi, hal tersebut membutuhkan energi yang cukup banyak. Ketika Anda tidak merasa percaya diri makan energi yang anda keluarkan sangat banyak, karena anda malu untuk meminta bantuan.

Allah berfirman: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS.Ali Imran; 139).

Untuk apa kita masih tidak percaya diri, banyak kerugian yang kita alami jika kita tidak percaya diri. Misalnya saja untuk melakukan sesuatu kita kesulitan, berbicara di depan orang banyak, bekerja pada suatu instansi, kita akan sangat kesulitan. Maka dari itu jangan mau untuk tidak percaya diri.

Komentar