Home / Seputar Depok / Sekolah Dian Didaktika Miliki Musala Iqro

Sekolah Dian Didaktika Miliki Musala Iqro

Musala Iqro milik Yayasan Dian Didaktika yang baru diresmikan. (BHAKTI HARIANI/ DEPOK POS)

DEPOK – Sekolah Islam Dian Didaktika kini resmi memiliki Musala Iqro. Peresmian musala ini digelar, Sabtu (5/8) dan secara simbolik dilakukan oleh Siti Hutami Endang Adiningsih atau akrab disapa Mamiek Soeharto selaku Anggota Dewan Pembina Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila dan didampingi oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Dian Didaktika Sulastomo.

Musala bercat biru putih ini berdiri di atas lahan seluas 12 x 16 meter di luar area sekolah yang masih merupakan lahan milik Sekolah Islam Dian Didaktika. Lahan yang sebelumnya biasa difungsikan sebagai lahan parkir ini kini dimanfaatkan untuk musala yang bisa digunakan untuk siswa SD, SMP bahkan hingga warga sekitar Sekolah Islam Dian Didaktika.

Kepala Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Yayasan Dian Didaktika Sukardi mengatakan, pembangunan musala ini mendapatkan bantuan dari Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila. Niat mendirikan musala, lanjut Sukardi, sudah sejak lima tahun lalu tapi baru terealisasi saat ini.

Pihak yayasan kemudian mengajukan proposal ke Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila dalam waktu satu tahun lalu. Tak menunggu lama, proposal tersebut direspon Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila.

“Musala ini mulai dibangun Januari dan Juni sudah selesai. Sudah kami gunakan juga. Tapi baru hari ini, Sabtu (5/8) diresmikan secara simbolik,” ujar Sukardi kepada depokpos saat ditemui usai peresmian Musala Iqro di Yayasan Dian Didaktika, Jalan Rajawali, Kecamatan Cinere, Kota Depok.

Kehadiran musala ini menjawab kebutuhan siswa untuk salat zuhur, ashar dan juga salat jumat. Selama ini, sudah ada musala di masing-masing SD dan SMP. Namun, seiring perkembangan, dirasakan perlu untuk membangun musala baru sebagai sarana ibadah siswa, guru dan segenap karyawan Dian Didaktika.

Penamaan Iqra untuk musala ini juga memiliki alasan tersendiri, Sukardi menuturkan, ide penaaman Iqra berasal dari Sulastomo selaku pemilik Yayasan Dian Didaktika. Sulastomo berharap siswa Sekolah Islam Dian Didaktika menjadi siswa yang mampu tidak hanya membaca secara harfiah tapi juga mampu membaca keadaan lingkungan sekitar dimana hubungan antar sesama manusia tidak kalah pentingnya dengam hubungan hierarki kepada Allah SWT.

“Banyak orang lalai karena membaca hanya untuk diri sendiri. Padahal dengan membaca juga kita dapat memanfaatkan apa yang kita baca untuk hubungan kita dengan sesama. Jangan pernah lupakan pentingnya interaksi dengan sesama manusia dan kewajiban kita untuk saling tolong menolong,” papar Sukardi.

Dari hal ini pula lah diharapkan akan tumbuh kesalehan sosial dalam diri para siswa Sekolah Islam Dian Didaktika. Kesadaran untuk beribadah dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT diimbangi dengan hubungan horizontal yang baik dan saling tolong menolong dengan sesama manusia tanpa membeda-bedakan.

Yayasan Dian Didaktika juga mengizinkan warga sekitar memanfaatkan musala untuk keperluan salat lima waktu dan salat jumat. Musala Iqro akan dijaga oleh marbot masjid yang merupakan karyawan Yayasan Dian Didaktika sehingga kebersihan dan keamanan musala ini dapat terjaga dengan baik.

Dalam pembangunan musala ini, yayasan juga mendapatkan dukungan dari orangtua siswa. “Karpet masjid untuk salat itu dari orangtua siswa. Pun demikian dengan lampu musala dan juga papan timer waktu untuk salat lima waktu,” ujar Sukardi. (BHAKTI HARIANI/ DEPOK POS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *