Home / Nasional / ACT Gelar NGOKEM “Selamatkan Ghouta”

ACT Gelar NGOKEM “Selamatkan Ghouta”

JAKARTA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan Aksi Cepat Tanggap Ngobrol Kemanusiaan (NGOKEM) yang bertempat di Sisha Cafe, Kemang. Pada kesempatan itu, ACT sebagai program yang menggandeng seniman dan jurnalis untuk membicarakan mengenai isu kemanusiaan, khususnya di Ghouta Timur Suriah.

NGOKEM kali ini, dihadiri oleh Musisi Solo, Tere, X Musisi Madmor Abu Taqo, Komukis Tony Trax dan Pizaro, Redaktur Eksekutif Kantor Berita Turki Anadolu Agency. Kehadiran mereka sebagai salah satu bentuk peduli terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di Ghouta.

“Bagi saya ghouta adalah duka kemanusiaan, pertanyaannya apakah kita masih layak disebut manusia jika membiarkan mereka berurai darah dan air mata?” ungkap Tere.

Urusan kemanusiaan memang bukan hanya tugas dari lembaga kemanusiaan, semua manusia seharusnya mempunyai peran untuk saling membantu. Seperti yang disampaikan oleh Musisi Solo, Tere.

Situasi di Suriah sudah seharusnya menjadi kewajiban sesama manusia untuk menolong Ghouta. Setiap krisis kemanusiaan, menyuguhkan peluang penentu untuk pribadi dan bangsa. Pribadi dan bangsa yang baik adalah yang mempunyai jiwa kemanusiaan untuk saling tolong-menolong.

“Skala derita konflik di Suriah memasuki fase teramat kritis. Banyak jasad berjatuhan menjadi mayat, banyak jiwa menyelamatkan diri ke negeri lain. Tujuh tahun krisis Suriah, jangan Cuma menyoalangka korban atau kalkulasi kerugian material. Lebih jauh dari itu, apa yang sudah kita lakukan untuk menolong mereka?” jelas Ahyudi, Presiden ACT.

Bahkan baru-baru ini, dunia serentak melakukan kampanye #IamStillAlive terkait krisis di Ghouta untuk menyampaikan kepada dunia dan media bahwa mereka (masyarakat Ghouta) masih ada.(Hana)

Komentar