Home / Feature / Cara Membakar Kalori Dengan Tepat

Cara Membakar Kalori Dengan Tepat

 

 

Kalori pastinya berhubungan erat dengan berat badan. Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai energi untuk beraktifitas. Namun memiliki kalori yang berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Cara yang tepat untuk membakar kalori yaitu dengan berolahraga secara tepat dan teratur. Kebanyakkan orang untuk berolahraga terkadang malas ataupun tidak sempat karena terlalu banyaknya kesibukan.

Membakar kalori menjadi salah satu kunci saat menjalankan program penurunan berat badan atau menjaga berat badan. Ketika kalori terbakar melebihi asupan kalori yang dikonsumsi makan akan menurunkan berat badan.

Adapun cara lain untuk membakar kalori yaitu seperti berikut :

  1. Sering tertawa

Tertawa membuat kita merasa senang dan bahagia namun tidak hanya itu saja, juga dapat membakar kalori.  Saat tertawa, tubuh akan meningkatkan detak jantung. Hal itu akan meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 10-20%. Sehingga, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih besar saat tertawa.

  1. Aktifitas Fisik

Seseorang pada umumnya membakar sekitar 30% kalori melalui aktifitas harian, namun beberapa orang hanya membakar 15% kalori. Berdasarkan hal tersebut, bergerak lebih aktif dapat memberikan perbedaan yang cukup besar untuk jumlah kalori yang dibakar. Beberapa gerakan yang dilakukan seperti mengayunkan kai, berdiri dan melakukan peregangan, menggelengkan kepala, berdiri saat berbicara di telepon, dsb.

  1. Pembentukan Otot

Penambahan otot setiap 0,5 kg dapat membakar kurang lebih 50 kalori setiap harinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa latihan dengan mengangkat beban dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Mengkonsumsi Kafein Pada Teh Hijau atau Teh Hitam

Kafein merupakan senyawa yang berperan sebagai stimulan dalam tubuh sehingga cenderung meningkatkan pembakaran kalori. Hal tersebut karena kafein dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif sehingga akan lebih banyak bergerak. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa 250mg kafein yang dikonsumsi dapat membakar 10% kalori dari makanan untuk proses metabolisme.

  1. Mengkonsumsi Air Putih

Menurut penelitian, minum air putih 8 cangkir atau 2 liter dapat membantu membakar kelebihan kalori sebanyak 100 kalori per hari. Selain itu juga minum air putih juga dapat menjaga kesehatan usus dan ginjal.

Yuk mulai dari sekarang kita perhatikan kesehatan tubuh masing-masing terutama apabila yang memiliki kelebihan kalori. (Hana NJ)

Komentar