Home / Opini / Dampak Teknologi di Indonesia Pada Zaman Now

Dampak Teknologi di Indonesia Pada Zaman Now

Tahun 2018 penggunaan teknologi di dunia sangat pesat termasuk di Indonesia. Pengertian dari teknologi sendiri Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi sendiri terdapat teknologi kontruksi, medis, informasi dan komunikasi. Penggunaan teknologi bisa digunakan oleh orang-orang dewasa, lanjut usia, remaja, dan juga anak-anak bahkan.

Dilihat dari positifnya teknologi yang tambah berkembang pesat saat ini memudahkan kita untuk  Memudahkan mencari informasi, memajukan ilmu pengetahuan, memudahkan dalam jual beli online, memudahkan kita mencari teman, membuat orang-orang semakin modern, membantu kerja pemerintah di daerah terpencil, memudah kita mencari berita di dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi kalangan orang-orang dewasa dalam bekerja khususnya pekerjaan yang berhubungan denga teknnologi seperti di perkantoran, khususnya bagi perusahaan yang berbasis teknologi dan komunikasi. Bagi teknologi medis ataupun pangan juga mempermudah dalam membantu proses penyembuhan dan bagi teknologi pangan membantu agar mempermudah mengoperasikan pangan. Disamping dampak positif terdapat juga dampak negatif yang didapat khusunya dari teknologi informasi dan komunikasi.

Banyak kasus yang telah terjadi akibat dari negatif, Kebebasan dalam penggunaan teknologi saat ini memudahkan kejahatan teknologi masuk dan merusak generasi muda. Banyak berbagai aplikasi medsos dan games yang mulai mucul dan hitz saat ini serta mudahnya akses internet yang bisa di jangkau oleh berbagai kalangan.

Bagi para orang tua perlu pembinaan khusus dalam memberikan akses teknologi pada anak-anak khususnya seperti handpone dan notebook ataupun alat teknologi informasi lainnya tidak hanya itu dampak teknologi komunikasi yang berkembang pesat pada zaman now, aplikasi media sosial dan games yang sedang hitz yang mudah diakses oleh anak-anak. Banyak mungkin yang kita tahu di Iindonesia pernah banyak kejadian seperti video yang kurang senonoh dengan mudahnya tersebar luas. 

Ini salah satu efek dari terlalu mudah informasi yang didapat dari media sosial tidak hanya itu banyak games yang sedang hitz dikalangan anak sehingga lupa untuk belajar. Pengalaman saya sendiri adik saya pernah menjadi korban kejahatan media sosial. Lengah dan kurang pengawasan menjadi penyebabnya oleh sebab itu saya ingin mengajak anda semua untuk berhati-hati dalam memberikan akses kepada anak-anak anda atau adik anda yang perlu pengawasan yang ketat, dan juga banyak serta cari berbagai cara agar anak anda bisa dibatasi penggunaannya berikan waktu atau jam-jam tertentu pada anak anda. Atau deengan memberikanya hanya pada waktu weekend adaalah salah satu solusinya, juga berikan pengertian dini agar tau batasan yang tidak boleh dilihat oleh anak-anak. (Aini)

Komentar