Home / Feature / Indahnya Berbagi

Indahnya Berbagi

Hidup adalah sebuah anugerah dari Allah SWT yang diberikan kepada setiap ciptaannya dengan tidak kurang satu apapun. Ketika setiap manusia dilahirkan ke dunia pastinya belum bisa apa-apa, semua dilakukan dengan bantuan orang tua masing-masing. Seiring berjalannya perkembangan anak hingga dewasa semua apa yang diinginkan dapat terpenuhi. Sebab itu, terkadang manusia lupa akan semua yang telah diberikan, terutama diberikan kesempatan hidup agar tetap berbagi sesama manusia yang membutuhkan.

Berbagi dengan sesama sejatinya kembali untuk kebaikan diri sendiri. Bila kita memahami itu, niscaya akan lahir semangat yang membahana dari dalam jiwa, itulah kenapa para sahabat Rasul SAW senantiasa berlomba-lomba dalam melakukannya.

Hidup ini akan terasa indah jika kita dapat berbagi dengan sesama. Rasakanlah betapa nikmatnya jika kita dapat berbagi kebahagiaan dengan yang lain dengan cara apapun yang positif. Janganlah kebahagiaan itu hanya kita nikmati seorang, karena itu semua menyebabkan kebahagiaan kita akan cepat pudar.

Pesona lain yang luar biasa adalah, memberi apa yang kita punya untuk meringankan beban orang lain, akan mengundang pertolongan Allah untuk kita. Nabi SAW menegaskan, “Allah selalu menolong orang, selama orang itu selalu menolong saudaranya (sesama muslim).” (HR. Ahmad). Dalam arti, untuk menolong diri Anda, rajin-rajinlah membantu orang lain. Untuk meraih solusi atas problematika Anda, mari peduli dengan masalah sesama. Karena semakin deras bantuan mengalir pada orang lain, makin deras pula bantuan Allah.

Harta atau apapun yang kita punya hanyalah titipan dari Allah SWT semata, oleh karena itu sebagai manusia kita harus rajin berbagi dalam bentu apapun. Sedikit banyaknya yang diberikan tidak masalah yang penting adanya kemauan dan niat dalam diri untuk berbagi.

Jadi, sehari-hari hiasilah kehidpan kita dengan berbagi kepada sesama kita. Jika punya rezeki ataupun kebahagiaan berbagilah, agar hidup kita lebih bermanfaat. (Hana)

Komentar