Home / Dunia Kampus / Pentingnya Pendidikan Vokasional di Industri Pekerjaan

Pentingnya Pendidikan Vokasional di Industri Pekerjaan

DEPOK – Dalam pendidikan formal di perkuliahan setiap perguruan tinggi,pasti memiliki cara belajar yang berbeda. Namun tujuan dari masing – masing perguruan tinggi tetap sama tentunya,perbedaan tersebut akan terlihat dari cara belajarnya baik yang lebih banyak teori maupun praktik.

Persepsi dari mahasiswa dan dosen sendiri juga berbeda-beda,”Dalam hal menghadapai dunia kerja praktik dan skill lebih dibutuhkan maka dari itu mahasiswa politeknik dimaksimalkan teknisnya,”ujar Andri salah satu dosen Politeknik Negeri Jakarta.

Bukan hanya politeknik tetapi Universitas Indonesia juga memiliki program vokasi namun tetap saja masih banyak teori karena memang kurikulum mereka bukan seperti kurikulum di politeknik. “vokasi UI juga d3 tapi tetap saja masih banyak sekali teorinya,”ujar Andri.

Menurut salah satu mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional Veteran juga,praktik sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan”Di kampus saya lebih mementingkan teori akademis daripada praktik seperti yang ada di politeknik,”ujar dita.

Begitupula yang dikatakan oleh Mustaqim seorang mahasiswa desain grafis di Politeknik Negeri Jakarta, ia sangat menyukai sistem dan metode belajarnya.”saya lebih suka praktik ketika kuliah karena menurut saya hal tersebut lebih menyenangkan daripada harus belajar teori,”ujar mustaqim.

Selain dari skill dan juga kemampuan, mahasiswa juga harus memiliki attitude yang baik agar dapat berprilaku yang santun saat di dunia kerja.”saya juga menanmkan attitude yang baik pada mahasiswa saya,”ujar Andri.

OLEH:WISNU DWI PRAWABA

Komentar