Home / Feature / Sebutir Nikmat Sebagai Penyejuk Hati

Sebutir Nikmat Sebagai Penyejuk Hati

Maka nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan (Ar-Rahman:13)

Nikmat
Sesuatu yang sering dirasakan dan disyukuri yang tuhan berikan untuk kita. Namun terkadang, kita suka menyepelekan arti kata sebuah nikmat. Pada hakikat nya nikmat itu Adalah suatu hal yang luar bisa kita rasakan setiap hari, bahkan Nikmat Secara etimologi berasal dari bahasa Arab yang artinya segala kebaikannya, dan semua rasa kebahagian. Sesuatu yang bermanfaat di dunia dan di akhirat seperti ilmu dan akhlak mulai.

Nikmat merupakan suatu kebaikan yang banyak orang tidak menyadari nya, bahkan kebanyakan orang kufur atas nikmat yang telah di rasakan nya. Pada dasarnya dengan mudah kita dapat menyadari suatu nikmat yang di rasa Kan nya, dengan Cara mensyukuri nikmat Allah SWT.

Ada pun ciri ciri orang yang tak kufur atas nikmat. Salah satu nya yaitu.
1. Iya enggan mengakui atas nikmat yang dirasakan.
2. Tak pernah merasakan kepuasan.
3. Merasa Iri dengan nikmat yang di terima orang lain.
4. Merasa tak ingin di saingi.

Ada sebagian orang mungkin merasakan Hal tersebut. Pada dasar nya Allah itu telah memberikan rezeki dan nikmat nya masing masing. Ada Salah satu contoh cerita atas kekufuran nikmat. Kisah yang sering terjadi di kalangan kita. Ada sebagian dari kita mengira bahwa hujan itu adalah musibah, mengapa menganggap musibah?

Ketika hujan turun di pagi hari, kita berfikir hujan itu dapat menghambat aktifitas yang ingin di lakukan, hingga akhirnya menghancurkan mood yang kita punya Dan menganggap semua ini adalah musibah di pagi hari. Namun sebenar nya itu bukan lah musibah, akan tetapi hujan ini adalah sebuah rahmat. Diri kita tak Akan pernah menyadari hal itu, sebelum kita tersadar Dan menikmatinya nikmat tersebut tidak akan pernah terasa bahwa hujan itu adalah sebagian dari nikmat dan rahmat dari Allah SWT. Banyak sekali kenikmatan di balik deras nya air hujan yang turun, namun kebanyakan dari kita tidak menyadarinya.

Nikmat dibalik deras nya air hujan
Terkadang kita tak pernah menyadari nya, banyak sekali kenikmatan kenikmatan yang kita rasa Kan, itu semua sebener nya Salah Satu Cara membuat kita agar selalu dekat dengan Allah SWT dan selalu merasakan rasa syukur yang di miliki. Namun mengapa masih banyak nikmat Allah yang di dustakan?

Sama seperti hal nya air hujan
Air hujan yang turun adalah suatu keberkahan yang Allah berikan kepada kita, namun mengapa masih banyak diantara kita yang menganggap bahwa hujan itu adalah musibah.

Allah berfirman dalam(albaqoro:22)
(Dialah) yang menjadi Kan bumi sebagai hamparan bagimu Dan Langit sebagai atap,dan Dialah yang menurunkan air(hujan) dari Langit, lalu dia hasil Kan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki Untukmu. Karena itu jangan lah kamu mengadakan tandingan – tandingan bagi Allah,padahal kamu mengetahui.

Seringkali kali kita meremehkan nikmat yang diberikan, salah satu nya seperti air hujan. Hujan yang turun adalah Salah Satu butiran nikmat yang Allah turunkan kepada kita. Sebagian rezeki yang diterunkan untuk kita Agar kita menikmati rahmat yang di berikan, seperti menyuburkan tumbuhan tumbuhan yang layu, melembabkan tanah yang gersang, serta mengubah panas nya terik mata hari menjadi kesejukan, bahkan mampu mengubah hati menjadi tenang nan tentaram.

Beberapa tips yang harus di lakukan Saat hujan turun.
Disaat hujan turun, di anjurkan kepada seluruh umat islam untuk senantiasa memohon dan meminta doa kepada Allah SWT. Mengapa kita di anjurkan untuk berdoa? Sebab di Kala hujan turun kita sedang memohon berdoa kepada Allah SWT, ingsa Allah doa tersebut akan cepat di jabah dan di Kabul Kan oleh Allah SWT…

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078), oleh sebab itu kita harus banyak berdoa agar senantiasa Allah SWT mengabulkan apa yang kita minta, apa yang kita keluh Kan kepada Allah SWT.

Allah berfirman dalam(ibrahim:7)
Dan(ingatlah) ketika tuhan mu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku Akan menambah(nikmat) kepada mu, tetapi jika kamu mengingkari(nikmat – ku), maka pasti azab ku sangat berat”.
Kita sebagai umat manusia yang merindukan syurga Allah harus banyak mensyukuri kenikmatan yang kita rasa Kan, yang Allah berikan niscaya Allah Akan menambah terus kenikmatan yang di rasa Kan nya, namun Saat kita kufur atas nikmat yang kita miliki, tak Akan pernah Ada kecukupan yang di rasakan, yang ada hanyalah azab Allah yang sangat berat.

Hujan (nikmat) adalah butiran Mutiara yang indah, dimana tidak sembarang orang dapat memilikinya. Banyak kenikmatan yang tak pernah kita sadari, salah satu nya nikmat oksigen yang setiap hari kita rasakan, yang Allah berikan kepada kita dengan Cuma Cuma, namun masih saja kita lupa akan suatu kenikmatan itu.Membiarkan suatu yang istimewa terbuang sia sia begitu saja, mengabaikan suatu kepingan emas yang sangat berharga,membiarkan Intan berlian berceceran di mana mana.

Dari sekarang kita harus mencoba mendobrak pintu pintu yang menghilang kita Akan suatu nikmat yang sangat berharga, merai kenikmatan yang terlihat di depan Mata, dan mensyukuri atas nikmat yang telah kita miliki. Ya Allah berikan kepada kepada kita kenikmatan dari mu, jangan engkau lelah memberikan nya pada kami ya robb. Berikan lah kami rasa syukur yang menuh dengan ke iklasan, berikan keberkahan atas nikmat yang kita rasa Kan. Sungguh kami merindukan syurgamu. Semoga kita bisa berkumpul di syurgamu nanti ya Allah amin. Sesungguhnya Allah selalu memberi Kan apa yang kita butuh Kan, bukan apa yang kita ingin Kan. (Firda Ahyani/stei sebi.depok)

Komentar