Home / Nasional / Tempuh Puluhan Kilometer, Kurban Dompet Dhuafa Sasar Pengungsi Pelosok Dusun di Lombok

Tempuh Puluhan Kilometer, Kurban Dompet Dhuafa Sasar Pengungsi Pelosok Dusun di Lombok

 

LOMBOK, NTB – Dalam pelaksanaan kurban kali ini, Dompet Dhuafa mengirimkan hewan kurban dari para donatur ke wilayah Pulau Lombok, dimana hampir sebagian besar pulau ini terdampak gempa sejak sebulan yang lalu. Menyasar kurang lebih 80.000 jiwa penerima manfaat dengan 200 ekor sapi di 28 titik pengungsian untuk menikmati daging kurban. (Rabu, 22/08)

Menurut M. Sabeth Abilawa sebagai Direktur Program Dompet Dhuafa mengatakan, “Kurban Dompet Dhuafa kali ini sangat spesial karena dilaksanakan pada korban gempa Lombok, banyak titik yang harus di jangkau untuk proses kurban. 20 KM hingga 30 KM jarak per dusun antar kecamatan menjadikan distribusi Kurban menjadi tersendat. Beberapa akses jalan belum semua pulih normal serta minim fasilitas kendaraan sehingga para pengungsi sulit untuk akses ke kota maupun ke sejumlah wilayah yang mengadakan kurban”.

Kehadiran Dompet Dhuafa serta tim Disaster Management Center (DMC) dalam menyuplai hewan kurban dapat membantu dalam pemenuhan kurban di wilayah pelosok terutama mereka korban bencana gempa di Lombok. Penyuplaian hingga menyasar Dusun adat yaitu Dusun Batu Gembung, Desa Akar-Akar, Kec. Bayan. Lombok Utara.

Beberapa rumah di wilayah Dusun Adat masih tetap terjaga dan berdiri tegak meski gempa besar melanda Lombok dan sekitarnya. Karakter rumah yang menggunakan bilik bambu dan kayu-kayu menjadi kunci utama infrastruktur tahan gempa. Namun sebagian bangunan di dusun tersebut rubuh total akibat bencana tersebut.

Kearifan lokal serta kerukunan umat beragama menjadi warna warni dalam kurban pasca gempa besar berturut-turut mengguncang Lombok.

“Dengan adanya penyebaran kurban yang merata diharapkan dapat memenuhi gizi serta kebutuhan pangan bagi para pengungsi korban gempa”, tutup M. Sabeth Abilawa.

Komentar