Home / Kesehatan / Terlalu Sering Mencuci Muka Akan Timbul Jerawat

Terlalu Sering Mencuci Muka Akan Timbul Jerawat

Memiliki wajah yang bersih, terawat dan bebas dari berbagai masalah tentu impian dari setiap orang. Tentunya tak mudah untuk memiliki wajah seperti apa yang diinginkan. Namun tahukah ladies, terlalu sering mencuci wajah apalagi mencuci dengan sabun cuci wajah menurut para ahli faktanya justru memicu jerawat.

Jerawat adalah hasil produksi kelenjar minyak yang berlebih dan menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan kondisi peradangan yang kronis, dan bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Mulai dari faktor psikologis, hormon tidak seimbang, penggunaan obat-obatan atau produk kecantikan, kebersihan, sampai faktor keturunan. Jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Namun, kulit wajah sebenarnya tetap membutuhkan minyak untuk menjaga kulit agar tetap lembab.

Memang mencuci muka memiliki peranan penting dalam mencegah munculnya jerawat. Namun, mencuci wajah secara berlebihan juga tidak baik untuk wajah karena sabun justru menyebabkan kulit menjadi kering dan dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, sabun dapat menyebabkan acne detergicans, yaitu kondisi di mana jerawat timbul akibat reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau pembersih.

Bahan kimia yang ada dicairan pembersih wajah juga bisa membunuh bakteri-bakteri baik yang secara alamiah melindungi kulit wajah dari bakteri jahat. Ini karena cairan pembersih atau sabun muka tertentu tidak bisa membedakan mana bakteri baik dan bakteri jahat.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai produk pembersih wajah yang memiliki pelembab. Saat menggunakannya, pastikan untuk melakukannya dengan lembut, bukannya kasar karena justru bisa memicu masalah jerawat. Selain itu, jangan keringkan wajah dengan cara menggosoknya dengan kasar karena bisa memicu peradangan. Tepuk-tepuklah dengan pelan dan lembut agar kulit benar-benar bersih dan kering.

Komentar