Home / Bisnis & Ekonomi / Tips Agar Bisnis Berkembang dan Maju

Tips Agar Bisnis Berkembang dan Maju

Kata yang mungkin bagi Anda sudah tak asing lagi dengan istilah “BISNIS SYARI’AH”. Dan sekarang pun sudah banyak para pembisnis (Entrepreneur) yang sudah sukses dibidangnya masing-masing. Mungkin dibenak kita pernah terlintas atau terfikir tentang bagaimana cara kita atau tips agar bisnis yang kita punya itu bisa berkembang dan maju dengan baik?

Disini penulis akan memberikan beberapa tips atau cara agar bisnis kita bisa berkembang dan maju dengan baik. Tetapi sebelum berbicara tentang tips tersebut, alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang definisi bisnis itu sendiri apa? Dan syari’ah itu sendiri juga apa?

Jadi bisnis adalah diambil dari kata bahasa Inggris yakni “business”. Dan pengertian bisnis disini banyak dikemukakan oleh pakar-pakarnya. Seperti contoh yang dikemukakan oleh Steinhof pada tahun 1979. Menurut Steinhof  bisnis adalah “ segala kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan penyediaan barang dan jasa yang banyak dibutuhkan oleh konsumen atau yang banyak diinginkan juga oleh konsumen”. Dan pengertian menurut Griffin dan Ebert pada tahun 1969, mereka mengatakan bahwa bisnis adalah “aktivitas melalui penyediaan barang dan jasa yang bertujuan untuk menghasilkan profit atau laba”.

Jadi penulis simpulkan bahwa dari beberapa pengertian bisnis yang dikemukakan oleh Steinhof, Griffin, dan Ebert pada umumnya sama.

Jadi bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan barang dan jasa yang didalamnya fokus pada untuk menghasilkan profit (laba).

Nah, setelah kita sudah mengetahui pengertian bisnis sendiri itu apa?, maka sekarang beralih pada pengertian syari’ah.

Syari’ah diambil dari kata bahasa arab yakni ”شريعة” dan jamaknya adalah “شرائع” yang artinya syari’at, adat istiadat. Tapi maksudnya syari’ah disini as-syar’u “arah jalan yang lurus”. Jadi hubunganya antara syari’at dengan bisnis disini adalah kegiatan yang menyediakan barang dan jasa untuk mendapatkan laba dengan menggunakan arah jalan yang lurus.

Karena sangat banyak sekali masyarakat pada masa modern ini membangun bisnis dengan jalan yang salah (bathil). Padahal sudah sangat jelas bahwa Islam melarang hal tersebut. Jadi kita sudah paham nih tentang pengertian bisnis syari’ah itu apa dan bagaimana semestinya.

Dan sekarang penulis akan memberikan tips atau cara bagaimana agar bisnis kita bisa berkembang dan maju. Karena banyak para pembisnis sekarang yang kurang memikirkan akan hal itu. Diantaranya yaitu:

  1. Shiddiq (jujur). Mengapa jujur yang disebutkan dahulu?? Karena jujur itu hal yang paling penting dalam berbisnis dan juga termasuk kunci kesuksesan bisnis kita. Sebagaimana yang sudah dicontohkan Rasulullah pada zaman dahulu. Beliau tidak pernah sama sekali menipu orang lain.

  2. Cerdas dan berfikir kreatif. Cerdas dan kreatif ini yang harus dimiliki oleh para pembisnis, agar mereka bisa handal untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang mereka miliki.

  3. Memberikan pelayanan yang baik pada konsumuen atau orang lain. Karena dengan pelayanan yang baik dan bagus kepada para konsumen akan membuat konsumen lebih tertarik lagi dan bahkan lebih percaya lagi dengan kita.

  4. Fokus. Ketika kita ingin membangun bisnis atau bahkan sudah menjalani bisninya, kita harus fokus pada tujuan awal.

  5. Mencari lingkungan yang strategis ketika ingin memulai bisnis.

  6. Mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan-perusahan lain agar kita bisa mengembangkan bisnis kita sendiri.

  7. Mendeteksi peluang untuk mengembangkan bisnisnya yakni dengan menganalisa situasi ekonomi, politik, dan budaya.

Mungkin itulah beberapa tips yang dapat penulis berikan semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda sekalian. (Ummi Latifah. Mardatillah/STEI SEBI)

Sumber: buku pengantar bisnis karya Ismail Solihin.

Komentar