Breaking News
Home / Feature / 5 Cara Agar Kamu Kembali Percaya Diri

5 Cara Agar Kamu Kembali Percaya Diri

Ilustration

Pernah merasa tidak percaya diri? Ya, Itu sering sekali terjadi kepada semua orang, termasuk orang yang memiliki pekerjaan motivator pun mereka pernah mengalami rasa tidak percaya diri. Percaya diri selalu menjadi isu paling populer yang sulit dialami banyak orang. Entah itu berbicara didepan umum, berkomunikasi dengan orang lain bahkan untuk mencapai cita-cita kita. Sulit sekali membangun rasa percaya diri kepada diri sendiri.

            Karena percaya diri itu sangatlah mahal, banyak orang yang berkecil hati atau minder. Entah itu selalu membandingkan diri dengan orang lain. Merasa penampilan belum sempurna, bahkan sampai make up pun mampu mengubah rasa tidak percaya diri seseorang menjadi percaya diri untuk tampil di depan umum dan berkomunikasi dengan orang banyak.

            Namun belum banyak orang yan tahu bahwa kepercayaan diri ini serupa dengan otot tubuh yang sering dilatih maka ia akan semakin kuat dan besar. Eksistensi diri manusia tergantung pada seberapa konsisten ia mengasahnya. Dan dibawah ini ada 5 Cara Agar Kamu Kembali Percaya Diri.

  1. Jangan berfikir bahwa kamu tidak bisa percaya diri. Hal wajib yang harus kamu lakukan adalah membuka pikiran (open mental block) jauhkan pola pikir yang membuat dirimu semakin takut untuk mencobanya. Usahakan apapun yang akan kita lakukan pasti bisa dan pasti terwujud.

Sebaliknya cobalah berfikir bahwa percaya diri itu tumbuh alami dari dalam diri sendiri.

  •  Perbanyak aktivitas. Beberapa aktivitas atau pekerjaan yang menuntu seseorang untuk memberikan yang terbaik. Hal ini mampu mengubah pola pikir untuk terus memperbaiki diri dengan cara mengasah terus rasa percaya diri itu dan kemampuan. Sehingga semakin sering kita mengasah kemampuan dan rasa percaya diri itu maka kita semakin eksis.
  • Be your self (jadilah diri sendiri). Jangan selalu membahagiakan orang lain, namun tidak membahagiakan diri sendiri. Jika masih suka berpura-pura menjadi orang lain untuk menyenangkan orang lain maka kamu harus segera menghentikannya sekarang juga. Menyanggupi semua hal hanya akan membuatmu lelah, katakan “tidak” jika memang kamu tidak bisa.
  • Stop membandingkan diri dengan orang lain. Masih suka minder melihat orang lain yang lebih sukses dan lebih daripada kita? Hal ini harus segera kamu hentikan, karena tidak baik untuk diri sendiri maupun materi. Semua orang memilikii zona nyamannya masing-masing, kadangkala ada saatnya tiba waktumumu berhasil dengan kamu fokus dengan impian dan cita-cita kamu. Jadilah dirimu sendiri daripada harus membandingkan diri dengan orang lain.
  • Berikan apresiasi kepada diri sendiri. Ini adalah zona dimana kamu harus memiliki waktu kepada diri sendiri untuk bahagia, seabrek kegiatan, pekerjaan, tugas-tugas dan lainnya, tetap jangan lupa berikan apresiasi kepada diri sendiri.

            Tidak ada keberhasilan yang dibangun sekejap mata, begitupun dengan rasa kepercayaan diri itu. Lakukan step by step tetap jangan memaksakan diri apabila kamu tidak sanggup melakukannya. Kepercayaan diri dapat hilang dengan mudahnya. Kamu tidak sendiri, banyak orang yang sedang memperjuangkan rasa percaya diri itu.

            Jangan berhenti melatih dan mengasah rasa percaya diri dan bangkitlah untuk lebih kuat lebih cepat dan lebih cerdas sebelumnya. Semangat dan jangan pernah menyerah. [Hilda Islami Ahza]