Home / Kesehatan / Bahaya Duduk Terlalu Lama

Bahaya Duduk Terlalu Lama

Postur tubuh adalah cara memposisikan tubuh saat duduk, berdiri, tidur, atau berjalan. Postur tubuh yang buruk akan memberikan kontribusi negatif bagi kesehatan. Termasuk posisi duduk memang baik jika sesekali dilakukan, namun jika dilakukan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang panjang, maka ini dapat mempengaruhi kesehatan. Ditambah lagin dengan sofa atau kursi yang lembut memang dapat membuat  nyaman saat duduk. Namun itu bukan berarti  bisa duduk berlama-lama.

Nyaris setiap orang kebanyakan terlalu lama duduk. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pegawai. Apalagi sampai berjam-jam. Meski ada juga yang kebanyakan duduk dalam rangka melakukan hal yang kurang penting, seperti misalnya menonton dan main game.

Kebanyakan duduk membuat sirkulasi darah tidak lancar, pemecahan lemak lebih lambat, dan juga otot terasa pegal, kaku dan kram. Efek buruk kebanyakan duduk pada kesehatan memang baru terlihat dalam jangka panjang. Berikut adalah ulasan mengenai dampak kesehatan yang bisa terjadi jikavduduk terlalu lama :

  1. Penyakit Jantung

Duduk terlalu lama juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung, Hal ini karena jika duduk terlalu lama dan tidak bergerak dapat mengurangi intensitas aliran darah keseluruh tubuh.

Berkurangnya aliran darah keseluruh tubuh dapat membuat lemak mudah masuk kedalam pembuluh darah sehingga dapat menyumbat aliran darah menuju arteri dan jantung. Hal inilah yang kemudian dapat memicu meningkatnya kadar kolestrol dalam tubuh dan resiko penyakit jantung koroner.

Menurut studi yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sport and Excercise menyebutkan bahwa seseorang yang duduk terlalu lama memiliki resiko sekitar 82 % lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung koroner.

  1. Penyakit Diabetes

Seseorang yang duduk terlalu lama yang dilakukan setiap hari juga dapat meningkat resiko terserang penyakit diabetes dan kemapuan tubuh untuk mengatur gula darah.

Menurut studi yang dilakukan oleh Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology pada tahun 2007, mengatakan bahwa kekurangan aktifitas fisik dapat membuat melemahnya respon insulin didalam tubuh, sehingga tubuh akan kesulitan dalam mengontrol gula darah.

  1. Risiko Penyakit Kanker

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan resiko penyakit kanker payudara, kanker rahim dan kanker usus besar. Resiko kanker ini menjadi lebih tinggi karena tubuh kurang aktif sehingga menurunkan potensi zat antioksidan dalam tubuh, produksi insulin yang lebih lemah, dan pertumbuhan sel yang lebih cepat namun ternyata justru sel yang tidak normal pemicu kanker. Sementara menggerakkan tubuh akan memulihkan semua kondisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan kanker.

  1. Komplikasi Pencernaan

Duduk terlalu lama menyebabkan tekanan yang sangat besar untuk isi perut. Tekanan inilah yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat dari sebelumnya. Sistem pencernaan yang terlalu lambat maka bisa menyebabkan organ pencernaan tidak bekerja dengan baik.  Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah perut kembung, kram, sembelit, mulas dan buang gas berlebihan.

  1. Penurunan Fungsi Otak

Ketika  terlalu banyak duduk maka bisa mengalami penurunan fungsi otak. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak duduk akan membuat otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang lebih cukup seperti ketika tubuh aktif. Otak membutuhkan oksigen dan darah yang cukup berkualitas untuk bisa melepaskan beberapa bahan kimia alami untuk tubuh. Jika terlalu banyak duduk maka bisa menyebabkan otak tidak bisa menerima semua ini dan fungsinya akan lebih cepat menurun.

Berbagai jenis pekerjaan dan aktivitas dengan duduk yang terlalu lama memang berbahaya. Dengan berbagai gerakan ringan seperti berdiri, merubah posisi duduk dan berjalan maka akan mengurangi resiko bahaya duduk terlalu lama. Jadi, mulai sekarang Anda bisa mencoba untuk lebih banyak bergerak.( Hana Nurul Jannah )

 

(Foto: Istimewa)