Home / Pemkot / Depok Raih Penghargaan National Procurement Award 2018

Depok Raih Penghargaan National Procurement Award 2018

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok Ir. Herman Hidayat saat menerima penghargaan dari Kepala LKPP-RI Agus Prabowo di Sabuga Center Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Selasa (30/10) lalu. (Foto: Dokumentasi LPSE Kota Depok)

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) berhasil mendapatkan penghargaan National Procurement Award 2018 dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP-RI). Penghargaan yang didapat tersebut karena Kota Depok berhasil menyelenggarakan pengadaan barang/jasa secara elektronik terhadap penerapan Standar LPSE:2014.

“Alhamdulillah, dengan 17 standar yang telah dipenuhi dapat menghantarkan kami memperoleh penghargaan dari LKPP-RI,” tutur Kepala UPT LPSE Kota Depok Agus Setiawan, Kamis (01/11).

Dikatakan Agus, dalam penerapan Standar LPSE:2014 yang diselenggarakan oleh setiap pemerintah daerah wajib memiliki standar layanan, kapasitas, dan keamanan informasi SPSE dan sistem pendukungnya yang ditetapkan oleh LKPP.

Untuk di Kota Depok, tambah Agus, dengan telah terpenuhinya predikat LPSE DEPOK yang memilik 17 standar layanan yang dibagi menjadi empat kategori. Antara lain standar layanan dasar, standar layanan menengah, standar layanan atas, dan standar layanan penuh.

Untuk standar layanan dasar terdiri dari standar layanan kebijakan, standar pengorganisasian layanan, standar pengelolaan SDM dan standar keuangan anggaran. Sedangkan, standar layanan menengah meliputi standar aset layanan, standar pengelolaan risiko layanan, standar pengelolaan helpdesk, standar pengelolaan perubahan dan standar pengelolaan kapasitas.

Kemudian, sambung Agus, untuk standar layanan atas terdiri dari standar kelangsungan layanan, standar pengelolaan pendukung layanan, standar pengelolaan hubungan dengan pengguna layanan.

“Dengan terpenuhinya 17 standar layanan ini, LPSE Depok sudah memenuhi kewajiban sebagai penyelenggaran layanan sistem elektronik yang mudah, cepat, dan terpercaya, sehingga terhindar dari kecurigaan terhadap kecurangan sistem,” katanya.

Untuk diketahui, penghargaan National Procurement Award 2018 diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang diserahkan langsung oleh Kepala LKPP-RI Agus Prabowo kepada Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Depok Herman Hidayat di Sabuga Center Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Selasa (30/10).

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) yang dihadiri sekitar 3.000 peserta, terdiri atas sekretaris jenderal/sekretaris utama kementerian/lembaga, serta sekretaris daerah pemerintah provinsi /kabupaten/kota. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *