Home / Kesehatan / Hindari dari Penyakit Saat Liburan, Lakukan 4 Hal ini!

Hindari dari Penyakit Saat Liburan, Lakukan 4 Hal ini!

Liburan akhir tahun sebentar lagi dimulai. Waktunya mengajak keluarga atau sahabat tersayang untuk jalan-jalan dan mengistirahatkan diri dari segala rutinitas.

Segala persiapan perlu dilakukan dengan matang agar perjalanan berlangsung lancar dan menyenangkan. Salah satu hal yang wajib diperhatikan dari sebelum berangkat adalah kesehatan. Liburan tiba namun tiba-tiba sakit dan tidak bisa jalan-jalan? Bukannya senang-senang malah lemas tak berdaya di tempat tidur.
Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sejak sebelum berangkat liburan.

Tidur cukup

Tidur adalah aktivitas alamiah dari kehidupan kita, disamping makan dan mendapatkan rileks ataum istirahat. Tidur akan membuat merasa lebih baik, tak hanya sekadar untuk meningkatkan suasana hati atau mencegah lingkaran hitam dibawah mata. Orang dewasa membutuhkan waktu ideal antara 7-8 jam sehari untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran beristirahat. Kekurangan waktu tidur dapat melemahkan sistem imun, sehingga lebih rentan terserang penyakit. Pasalnya, ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang berfungsi untuk memulihkan sistem imun.

Tidak makan sembarangan

Mengonsumsi makanan yang kurang bersih sangat berbahaya bagi kesehatan. Berbagai macam virus banyak bersarang. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari antara lain sayuran yang tidak dibersihkan dengan air matang, buah dan sayuran mentah yang dikupas orang lain, makanan yang sudah disimpan waktu lama atau kadaluarsa, serta makanan yang kurang matang atau sudah dipanaskan berulang kali.

Banyak minum air putih

Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja.

Siap sedia obat-obatan

Selain pakaian yang harus dipersiapkan, jangan lupa untuk mengepak obat-obatan juga. Bawa obat-obatan yang biasa dibutuhkan, seperti obat flu, diare, dan sakit kepala. Jika Anda punya penyakit tertentu, bawa juga obat-obatannya.
Coba lakukan pada saat liburanmu, Selamat jalan-jalan!