Breaking News
Home / Opini / Berau, Kota Kelahiran

Berau, Kota Kelahiran

DCIM\100MEDIA\DJI_0008.JPG

Berau, Kota yang nyaris tanpa angkutan umum

“Berau”- Di Depok, semua orang mungkin sudah muak dengan ribuan angkutan umum. Namun di Berau, Kaltim, kamu akan merindukan banyaknya angkot. Maklum saja, di Berau jumlah angkutan umum sangat sedikit, hampir tak terlihat.

“Berau”, namanya mungkin sedikit asing di telinga banyak orang. Ini adalah nama sebuah kabupaten di Kalimantan Timur. Namanya memang tidak setenar Kepulauan Derawan dan labuan cermin di Kaltim yang memiliki keindahan alam. Tapi nyatanya Berau adalah kabupaten yang menaungi kepulauan cantik dan tempat wisata tersebut.

Jika jalan-jalan ke sana, kamu harus menyiapkan sunblock, kacamata hitam dan penutup kepala. Udara di sana sangatlah panas. Jika tidak siap, kulit Anda bisa terbakat matahari.

Berau adalah kota kelahiran saya, lahir dan besar disana,sebelum saya merantau untuk melanjutkan pendidikan. Kota itu sudah lama jadi tempat tinggal kedua orang tua saya dan bahkan sejak negri ini sedang di pimpin oleh presiden soeharto.

kota berau adalah kota kecil, tetapi suasana di sana sangat lah asri, nyaman dan tentaram, disini saya sudah dua tahun dan saya sangat merindukan kota kelahiran,jadi kesannya Berau merupakan kota yang sepi tetapi ngangenin.

Sepanjang jalan yang terlihat hanyalah jalan raya yang cukup lengang. Tak banyak kendaraan lalu lalang di sana baik itu mobil atau motor. Macet pun sama sekali tak terasa.

Enak kan, di sana nggak ada macet, jalanan kosong nggak seperti di Depok, Jalan raya di Berau bisa dikatakan sangat lengang dan tertib. Tak ada salip-menyalip kendaraan di sana. Bunyi klakson pun hampir tak terdengar. Semua penduduk bisa mengendarai mobil atau motor dengan santai tanpa harus berkutat dengan macet.

Tapi ada yang aneh,  yang terlihat,hanyalah mobil dan motor pribadi. Tak terlihat angkutan umum atau bus. Sekalipun ada, bus yang terlihat adalah bus milik salah satu perusahaan batu bara di sana.

Di sana angkot nggak laku, kosong semua, angkot sangatlah jarang. Kalau pun ada pasti anak sekolah yang naik itupun gak banyak, Di sana rata-rata pada punya mobil sama motor, jadi angkot nggak ada yang naik.

Berau memanglah kota yang maju. Banyak pembangunan gedung terlihat di sana. Tak heran jika hampir seluruh penduduknya memiliki kendaraan sendiri.

Lalu bagaimana dengan wisatawan? Anda bisa menyewa mobil di sana. Ada beberapa tempat penyewaan kendaraan yang bisa Anda datangi.

Kalau mobil Rp 300.000-an/mobil, kalau motor sekitar Rp 75 ribuan lah.

sekian dan terima kasih jangan lupa main-main ke kota berau teman-teman!