Breaking News
Home / Artikel / Manfaat Sentuhan Humor Dalam Keluarga

Manfaat Sentuhan Humor Dalam Keluarga

Ketika kita mendengar kata Keluarga, maka apa yang berada di benak kita?

Ya pasti keluarga adalah hal sangat penting bagi kita semua tentunya.  Apapun itu, keluarga merupakan bagian dari hidup. Tanpa keluarga kita tidak ada apa-apanya.

Segala sesuatu nya pasti berasal dari keluarga. Entah itu prilaku kita ataupun cara kita bersosialisai dengan masyarakat sekitar, itu semua bisa kita lihat dari keluarganya. Ya, semua tercermin dari keluarga.

Mengapa? Karena Pendidikan kita berawal dari keluarga. Ketika kita masih kecil, keluargalah yang pertama mendidik kita,  sebelum kita akhirnya mencari ilmu di sekolah, dan mendapatkan pendidikan atau pengalaman baru di luar keluarga kita. Ketika keluarga memberikan pendidikan yang baik dan mencontohkan akhlak yang baik, inysa Allah ketika kita berada di luar keluarga, kita akan berprilaku dengan baik sesuai kebiasaan yang dilakukan di dalam keluarga.

Pendidikan dalam keluarga adalah tanggung jawab orang tua, dengan peran Ibu lebih banyak. Karena Ayah biasanya pergi bekerja dan jarang berada  di rumah, maka hubungan Ibu dan anak lebih menonjol. Meskipun peran Ayah juga amat penting, terutama sebagai tauladan dan pemberi pedoman. Jika anak sudah mendekati dewasa peran Ayah sebagai penasehat juga penting, karena dapat memberikan aspek berbeda dari yang diberikan Ibu. Oleh karena hubungan Ayah dan anak terbatas waktunya, terutama di hari kerja, maka Ayah harus mengusahakan agar pada hari libur memberikan waktu lebih banyak untuk bersama dengan anak. Dan karakter yang ditumbuhkan adalah faktor yang amat penting dalam kepribadian anak, karena banyak mempengaruhi prestasi dalam berbagai bidang.

Lantas Apa yang berada dibenak kita tentang Humor?

Tentu kalian berfikir Humor itu merupakan candaan bukan?

Saat kalian berada di dalam keluarga, tidak ada salahnya kita memberikan sedikit candaan terhadap keluarga atau sikap yang humoris. Tetapi dalam hal tersebut kita juga harus melihat dan bisa membedakan antar candaan dengan ayah,ibu, ataupun adik kakak. Tentunya berbeda bukan? Humoris tapi tetap sopan itu lebih diutamakan. Maksudnya adalah kita harus bisa membedakan antara candaan dengan orang yang lebih tua ataupun dengan yang lebih muda dari kita.

Pada dasarnya humor adalah bagaimana membuat sesuatu itu menjadi lucu dan menyenangkan. Selera humor yakni bagaimana kita dapat mengetahui bahwa sesuatu itu dianggap lucu atau menyenangkan.

Orang tua diharapkan menjadi role model yang baik bagi anak. Orang tua juga harus menumbuhkan selera humor dalam diri masing-masing.

Hal ini dapat dilakukan dengan terlibatnya pada aktivitas yang dapat menumbuhkan selera humor melalui menonton film atau membaca buku berbagai jenis komedi dan sebagainya.

Tidak salah jika keluarga kita memiliki rasa humor didalamnya. Dan itupun yang menjadikan keluarga harmonis. Karena biasanya seorang anak yang dibesarkan di lingkungan yang penuh humor tidak hanya akan tumbuh menjadi anak yang ceria dan percaya diri, tapi juga berpikiran terbuka, tidak mudah tersinggung, tidak mudah stress, dan sebagainya.  

Berdasarkan teori dari Allan Reiss, MD., seorang Profesor Psychiatry And Behavioral Sciences di Stanford University School of Medicine, humor merupakan komponen penting dalam kesehatan secara medis maupun emosional, memelihara hubungan dan mengembangkan fungsi kognitif.

Begitu banyak manfaat sentuhan humoris didalam keluarga untuk menjadikan keluarga yang lebih harmonis dan tidak membosankan. 

Berikut manfaat sentuhan humor dalam keluarga :

#Bagi Anak

  1. Anak-anak yang memiliki rasa humoris sejak kecil akan mampu mengatasi masalah lebih baik di kemudian hari.
  2. Anak-anak dengan selera humor yang berkembang baik akan tumbuh sebagai anak yang bahagia, optomis, memiliki self-esteem yang tinggi serta mampu menerima perbedaan dengan baik.
  3. Bagi anak-anak yang memiliki selera humor yang kuat dapat membuat mereka untuk lebih tangguh (resilient),” papar psikolog Regina Naisa Pohan, M.Psi., seperti dikutip dari tabloidnova.com.
  4. anak dengan selera humor yang baik juga akan dapat menghargai dan mampu berbagi humor, lebih disenangi oleh teman-teman sebayanya dan akan mampu menghadapi tantangan, misalnya ketika diganggu oleh temannya atau beradaptasi dengan lingkungan baru.

#Bagi Keluarga

  1. Membantu mengurangi ketegangan. Jika dilakukan secara tepat, humor bisa menurunkan tegangan saat bertengkar.
  2. Memberi sudut pandang berbeda, bisa melihat segala sesuatu tidak melulu jelek. Mengubah sudut pandang membuat Anda lebih kreatif menyelesaikan masalah-masalah perkawinan.
  3. Mengurangi stres. Tertawa bisa menyehatkan fisik dan mental.
  4. Memperbaiki mood, sehingga membuat Anda lebih toleran untuk berkompromi.
  5. Membuat Anda sekeluarga lekat. Saat tertawa bersama, Anda mendapatkan kembali perasaan sebagai sebuah keluarga utuh.

Ada slogan yang mengatakan “tertawa itu sehat”. Tidak hanya sehat, tertawa dan humor juga dapat mempererat hubungan di dalam keluarga.

Ternyata humor itu penting dan memiliki manfaat yang cukup besar juga bukan? Mulailah dari sekarang mengenalkan humor dalam keluarga J

(Mardh.Nurul Ulfy)