Home / Nasional / Peningkatan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Memberikan Manfaat Ke Pelosok Negeri

Peningkatan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Memberikan Manfaat Ke Pelosok Negeri

JAKARTA – Sejak 1994 Dompet Dhuafa telah menghadirkan program Tebar Hewan Kurban telah  menyebarkan manfaat hingga ke pelosok Indonesia dan masyarakat terpencil. Tahun ini Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban telah menyebarkan  hewan kurban sebanyak 25.000 ekor dengan sebaran di 34 provinsi seluruh Indonesia. Kamis (06/09)

“Alhamdulillah Tebar Hewan Kurban tahun ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya. Kami mengucapkan terimakasih kepada para perkurban yang sudah mempercayakan hewan kurbannya kepada Dompet Dhuafa untuk di salurkan daging kurbanya kepada kaum dhuafa di pelosok Indonesia.” Ucap Bambang Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa.

Pada tahun ini  Dompet Dhuafa   mencapai 18.558 total realisasi setara doka dengan pencapaian penerima manfaat sebanyak satu juta jiwa. Tebar Hewan Kurban  telah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor setara dengan kambing, sementara untuk penerima manfaat sebanyak 4.911.208 Kepala Keluarga dengan sebaran hingga 34 Provinsi di Indonesia.

Program Tebar Hewan Kurban  telah  mendistribusikan  daging hewan kurban ke daerah-daerah yang tidak terjangkau melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri yang sudah melalui tahapan seleksi serta pendampingan oleh Dompet Dhuafa dengan tujuan agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya lduI Adha.

“Kami merasakan kegiatan kurban melalui adanya program Tebar Hewan Kurban, diharapkan kemajuan pemberdayaan para peternak di Indonesia dapat lebih meningkat seiring perkembangan tata cara kelola kurban yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa serta dapat menghidupi masyarakat dhuafa”, tutur Ust. Zain sebagai Mitra dan Penerima Manfaat program THK 2018.

Melalui Tebar Hewan  dapat mewujudkan pemerataan daging kurban dengan mendistribusikan daging ke wilayah yang membutuhkan serta masyarakat diajak untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan adanya penyebaran kurban yang merata diharapkan terciptanya kebutuhan gizi yang cukup. sehingga daging kurban tidak menumpuk di kota.

Dalam 25 tahun lebih Dompet Dhuafa dalam menjawab panggilan zaman mencoba berkolaborasi dengan membawa budaya masyarakat Indonesia untuk terus peduli dengan kaum dhuafa dan memajukan bangsa melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik. Penyebaran manfaat Tebar Hewan Kurban  juga dirasakan di  beberapa negara sahabat seperti Somalia, Palestina, Suriah, Timor Leste, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Kenya dan Bangladesh.